Sebelum Dicuci, Berapa Kali Sih Handuk Harus Dipakai?



Sehabis mandi, kita menggunakan handuk dan banyak dari kita tidak mencucinya selama berhari-hari bahkan lebih dari satu minggu. Padahal handuk memiliki potensi sebagai sumber kuman dan juga bakteri.

Seperti yang diketahui bahwa kuman, bakteri, virus dan jamur senang hinggap di tempat yang lembab. Handuk adalah salah satu benda di rumah yang dapat melembab dengan mudah karena digunakan untuk mandi setiap harinya. Terlebih lagi jika Anda menggunakannya untuk mengeringkan bagian-bagian sensitif seperti tempat keluarnya kotoran.

Bakter yang tinggal di handuk bisa menyebabkan berbagai penyakit mulai dari gangguan pernapasan, pilek, kulit bahkan bisa menularkan penyakit yang lebih serius lagi nantinya apabila digunakan secara bersama-sama atau lebih dari satu orang.


Handuk berkualitas pun akan hilang kehigienisannya apabila kita tidak bisa merawatnya dengan baik. Untuk menjaga kebersihan tubuh, Anda harus rajin untuk mencuci handuk. Tidak perlu 3 hari sekali atau setiap hari karena ada jangka waktu tertentu kapan handuk harus dibersihkan.

Seorang spesialis penyakit bernama Keri Petersen, M.D menunjukan bahwa dengan mencuci handuk setiap tiga hingga empat kali pemakaian, lebih dari itu maka bakteri serta jamur akan lebih banyak.

Selain itu Keri juga menambahkan di Lenox Hill Hospotal, New York City yang dikutip dari Women's Health bahwa menjemur handuk dibawah sinar matahari bisa mematikan kuman secara maksimal. Simpan juga ditempat yang kering dan bebas lembab agar handuk tetap terjaga kebersihannya.

Comments