5 Cara Ini Sangat Tepat Untuk Merawat Body Motor Matic

Menggunakan motor dalam berbagai aktivitas sehari-hari memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang sekarang ini, banyak jenis motor yang digunakan terutama jenis motor matic. Kondisi macet nya kota membuat motor jenis ini sangat diinginkan karena praktis saat digunakan.

Akan tetapi merawatnya tidak semudah saat kita menggunakannya, utamanya saat merawat body motor matic. Berikut ini adalah tips untuk merawat motor matic:


1. Mencuci motor secara rutin
Mencuci motor secara rutin dapat membuat kondisi body motor terlihat bersih dan terjaga. Kegiatan mencuci sebaiknya dilakukan dengan benar dan meyeluruh terhadap semua komponen body motor yang ada. Cucilah motor dengan cara yang benar dan tidak asal – asalan menggunkan kain yang lebih agar tidak menimbulkan goresan pada motor.

2. Membersihkan motor segera dari sisa air
Apabila saat digunakan, motor matic anda terkena air baik ketika hujan maupun ketika melewati genangan air ataupun ketika terkena semprotan air secara tidak sengaja. Sisa air yang tidak langsung dibersihkan pada body motor dapat meningkatkan bercak yang lama kelamaan bila dibiarkan akan membekas dan sulit untuk dibersihkan.

3. Menggunakan shampo khusus motor saat mencuci
Kegiatan mencuci motor yang rutin dapat menyebabkan body cepat kusam apabila menggunakan shampo yang salah. Menggunakan shampo rambut yang sudah menjadi kebiasaan dimasyarakat saat mencuci motor merupakan tindakan yang salah dan lama kelamaan akan merusak body motor matic. Menggunakan shampo khusus motor matic dapat mencegah terjadinya kerusakan pada body motor.

4. Membersihkan debu pada body motor dengan air
Menempelnya debu pada body motor merupakan hal yang pasti akan terjadi baik untuk motor yang sering digunakan maupun untuk motor yang disimpan di garasi rumah. Memberishkan debu pada body motor merupakan cara mengkilapkan body motor yang kusam akibat debu tersebut. Namun jangan sekali kali mengelap debu langsung dengan kain lap karena dapat menyebabkan lecet ata beret pada body. Gunakanlah lap atau handuk lembut yang telah dimasukkan kedalam air dan kemudian lap dengan kain yang kering.

5. Hindarkan motor dari sinar matahari langsung
Dalam penggunaannya, ada kalanya motor matic harus diparkir telebih dahulu pada saat pemilik motor melakukan aktifitas lainnya. Untuk menjaga body motor agar tetap terawat, usahakan selalu memilih lokasi parkir yang pas sehingga motor tidak akan terkena sinar matahari langsung terlalu lama. Kondisi body motor yang selalu kepanasan dapat menyebabkan body kusam serta cat memudar.

Comments