Cara Merawat Motor Saat Musim Hujan



Musim hujan telah tiba dan kita harus lebih pintar untuk merawat sesuatu dan salah satunya adalah kendaraan, disaat musim hujan kendaraan memerlukan perhatian khusus terlebih untuk motor. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ada beberapa tips untuk merawat sepeda motor saat musim hujan.


1. Mencuci Motor

Segeralah mencuci motor setelah Anda menerjang hujan selama seminggu, gunakan juga handuk berkualitas tinggi maupun kain yang memiliki tekstur lembut sebagai alas untuk mengelap body motor agar body tetap terjaga. Cuci seluruh body motor dan juga bagian penting lainnya agar terhindar dari karat.

2. Tekanan Angin

Untuk para pengendara sepeda motor, menerjang genangan air dimusim hujan sudah menjadi hal yang lumrah dan tekanan angin pun harus diperhatikan. Saat hujan terjadi ban akan lebih sulit dikendalikan dan tekanan angin pada ban pun berkurang dengan cepat. Segeralah isi tekanan angin ban secara berkala.

3. Rantai Motor

Sifat air hujan yang asam akan membuat rantai motor cepat karat terlebih jika motor Anda tidak dilengkapi dengan penutup rantai. Bersihkan dengan air dan jika kendor langsung dikencangkan kembali.

4. Kampas Rem

Jika terkena air, kondisi kampas rem akan menggelembung dan mengeras ketika kering dan setelah itu akan sulit untuk mengerem ketika menginjangnya. Ada baiknya sering cek dan bersihkan kotoran atau noda yang menempel pada piringan cakram.

5. Saringan Udara

Saringan udara juga menjadi salah satu komponen yang dapat diperhatikan karena jika basah maka pembakaran diruang bakar mesin akan terganggung serta berakibat fatal berhenti mendadak/mogok.

Comments