Kelebihan dan Kelemahan Handuk Lembut



Ada beragam jenis handuk yang dipasarkan oleh para agen handuk, tentu saja dengan tekstur yang berbeda-beda. Tekstur handuk ada yang kasar, lembut dan juga biasa pada umumnya, handuk pun selalu di desain berbeda-beda sesuai kebutuhan para konsumen, secara corak ada banyak lagi jenis-jenisnya. Biasanya orang-orang memilih handuk yang lembut untuk digunakan karena mereka ingin menghindari iritas kulit jika handuk tersebut terlalu kasar.

Namun handuk lembut pun memiliki beberapa kelebihan dan juga kelemahan jika kalian teliti lagi. Kelebihan handuk lembut memang sangat nyaman saat digunakan oleh tubuh kita setelah mandi, akan tetapi teksturnya yang terlalu lembut itu sendiri membuat daya serap kurang maksimal dan membuat tubuh lebih mudah berjerawat. Menurut Dokter Vinia Ardiani Permata, Sp.KK atau spesialis kulit menyarankan agar dalam memilih handuk untuk tidak terlalu lembut sehingga dapat memaksimalkan daya serapnya. Pilihlah dengan tingkat kelembuatan normal.


Lebih lanjut Dokter Vinia menambahkan untuk kali pertama membeli handuk agar mencucinya terlebih dahulu setidaknya 3x sebelum digunakan karena untuk mengurangi kelembutan tekstur handuk. Mengapa ? karena banyak pabrik tekstil yang memproduksi handuk dengan tambahan pelembut sehingga dengan dicuci akan membuat permukaan sedikit kasar untuk menyerap air dengan sempurna.

Selain itu handuk pun dicuci minimal seminggu sekali dengan deterjen agar lebih maksimal kerjanya dan tidak menggunakan pelembut pakaian.

Comments