Maaf, Handuk Anda Ternyata Sangat Kotor!


Mungkin Anda berpikir jika pernyataan atau judul di atas tidak sepenuhnya salah, tapi Anda harus mempertimbangkannya kembali. Karena menurut salah satu ditributor handuk seperti Bintang Handuk yang sudah berpengalaman, mengatakan jika semua orang tidak sadar akan kotor handuknya masing-masing. 


Mengapa tidak? Anda selalu menggosok handuk pada tubuh setelah mandi yang artinya kuman akan menempel pada kulit Anda. Ya, semua orang tahu pasti jika handuk mereka akan di cuci setelahnya, tapi hingga berapa lama orang-orang akan mencuci handuk mereka?

Pada kenyataannya kini banyak orang yang mengacuhkan kebersihan pada handuk mereka dan kebersihannya. Padahal hal ini mempengaruhi kesehatan tubuh mereka juga. 

Percaya atau tidak, handuk bersih dan kering dapat kotor ketika Anda menggunakannya untuk mengeringkan tubuh setelah mandi. Terlebih kuman akan selalu menempel pada tubuh setiap kapanpun meski kita merasa selalu bersih.

Terlebih, masalah terbesar pada handuk adalah kelembaban. Hal ini menjadi masalah yang sangat kritis pada hnduk jika Anda tidak mengeringkannya dengan benar dan menempatkan pada tempat yang lembab.

Handuk yang tetap basah akan menumbuhkan bakteri di dalamnya. Bakteri suka dengan kelembaban, tapi mereka tidak suka dengan tempat yang kering. Hal ini sangat penting tentunya untuk Anda yang suka menggantungkan handuk di kamar mandi setelah digunakan. 

Ada beberapa bakteri yang ada pada kulit menjadi pelindung untuk kita, sehingga ini tidak akan menjadi masalah. Namun, ada bakteri air yang terdapat pada handuk dan dapat menempel pada kulit Anda.

Contohnya seperti bakteri lingkungan (nontuberculous) yang dapat ditemukan di segala pancuran dan menyebabkan infeksi paru-paru. Atau juga bakteri Legionella yang dapat berkembang biak di sebuah aliran air yang mengganggu kondisi pernapasan jika terlalu lama hinggap di handuk Anda.

Memang ada sebagian besar bakteri yang tidak patogen (organisme yang menyebabkan penyakit), tetapi hal ini bisa berisiko pada beberapa orang khusus. Misalkan ada seseorang yang memiliki luka terbuka dapat terkena infeksi hingga menyerang orang-orang yang memiliki sistem kekebalan lemah.

Maka orang-orang tersebut benar perlu untuk menggunakan handuk yang bersih setiap kali mandi. Karena bakteri yang menempel pada handuk kotor dapat membuat mereka semakin rentan untuk mengalami penyakit.

Terakhir, Anda harus menyadari juga tentang handuk tangan yang memiliki resiko sama. Jika ada seseorang di rumah sakit maka kamar mandi adalah tempat yang tepat untuk mentransfer infeksi.

Entah infeksi seperti kulit, flu atau infeksi kotoran oral. Terlebih banyak orang yang tidak mencuci tangan mereka dengan benar. Maka sebaiknya jika Anda memiliki handuk tangan di rumah sebaiknya cuci setiap hari sekali setelah digunakan agar tidak ada bakteri atau infeksi menyebar pada orang-orang yang menggunakannya.

Sebaiknya untuk selalu keringkan handuk Anda yang basah setelah digunakan seperti saran dari distributor handuk Bintang Handuk. Jangan lupa untuk perhatikan kebersihan handuk setiap waktu dan jangan menunggu hingga bau untuk mencucinya. 

Comments