Ini Dia Cara Membuat Gantungan Tembaga Untuk Kertas Handuk!



Hmm, kedengaran asing ya untuk kertas handuk ini tapi, sebenarnya seringkali Anda gunakan saat berada di dapur. Ya, bisa dibilang kertas tisue, tapi ini adalah kertas handuk. Bukan berarti, kertas handuk ini ada di bintanghanduk, hanya sebutannya saja kok. 


Berbeda dengan handuk biasanya, handuk ini memang dikhususkan untuk di dapur terlebih untuk menyerap minyak dari makanan. Ya, setiap daerah memiliki sebutan sendiri, tapi tentu saja memiliki fungsi yang sama. 

Keberadaan kertas handuk ini biasanya banyak orang menempatkannya dengan dibuat berdiri. Tapi, hal ini justru akan sedikit merepotkan jika Anda membutuhkannya dengan cepat tapi jatuh karena tidak ada penahannya.

Untuk menghindari kertas handuk yang berantakan, Anda bisa menggunakan tips satu ini untuk membuat gantungan tembaga sendiri. Bagaimana caranya? Simak disini.

Siapkan material dan peralatan yang akan dibutuhkan, seperti 2 inchi dowel kayu, penyeka kain, kayu eboni, satin polyurethane, gergaji, amplas, 1/4 inchi tembaga dingin yang halus, kuas, blok, tang, sekrup dowel, bor, pensil, alat ukur.

Nah, jika Anda sudah mempersiapkan semua bahannya, ini dia caranya.

Pertama, Potong Dowel

Ukur dan tandai setiap 2 inci disetiap dowel dengan pensil. Potong dowel di setiap tanda yang sudah Anda siapkan. Lihat di gambar untuk lebih jelas. 

Untuk kotak khusus untuk potong ini jika Anda tidak memilikinya juga tidak apa-apa. Karena Anda bisa menggunakan tempat lain agar dowelnya tidak goyang saat di potong.

Kedua, Buat Lubang di Dowel

Ukur sekitar 1 inchi dari pinggiran dan buat tanda untuk membuat lubang dengan pensil. Kemudian Anda bisa langsung untuk melakukan bor atau membuat lubang di tanda tersebut.

Bor hingga menembus keluar dari kayu dan kemudian Anda harus melakukan bor kembali di bagian atas dowel tepatnya bagian tengah. Seperti pada gambar Anda harus membuat lubang dan tekan hingga kedalaman yang cukup untuk memasukan sekrup.


Setelah itu Anda langsung bisa menempatkan sekrup dengan tang agar sesuai dengan yang diinginkan. 
Ketiga, Cat Dowel

Buat lebih halus dowel dengan amplas yang sudah disiapkan. Pada gambar menggunakan blok pasir jika Anda ada barang ini. 

Gunakan cat hitam terlebih dahulu khususnya untuk kayu, dan biarkan selama 3 menit. Kemudian Anda bisa mengaplikasikan cat khusus untuk membuat dowel ini tahan dari rayap serta rapuh. 



Keempat, Potong Tembaga 

Beri tanda dengan pensil sekitar 30 inchi di tembaga. Potong dengan gergaji hack sesuai dengan yang sudah ditandai.




Kelima, Masukan Tembaga Ke Dowel

Sebelumnya Anda harus mengukur tembaga yang akan dimasukkan ke dowel. Perkirakan tembaga berada di tengah dowel, dan kemudian buat bentuk segitiga dengan tangan Anda, sekuat mungkin.


Kemudian Anda bisa mengukur sekitar 3 inchi dari ujung tembaga per masing-masing ujungnya. Secara perlahan, bengkokan tembaga setiap ujungnya sekitar 3 inchi yang bisa Anda tandai dengan pensil. Hati-hati jangan sampai Anda mematahkan tembaga.


Keenam, Tempatkan Di Dinding


Jika Anda sudah selesai, saatnya menempatkan dowel ke dinding dengan sekrup yang sudah terpasang. Masukkan kertas handuk, dan selesai!

Bagaimana? Mudah, kan? Semoga info dari bintanghanduk.com ini bermanfaat untuk Anda, jika ada pertanyaan dan pemesanan untuk handuk silahkan langsung kunjungi websitenya. 

Comments