Mitos Dan Fakta Kosmetik Yang Perlu Anda Ketahui


Sebagai wanita, tidak hanya tentang kesehatan, jangan mudah tertipu dengan mitos mengenai kecantikan. Ada alasan mitos tersebut yang belum tentu kebenarannya.


Lalu, seperti apa mitos tentang produk kecantikan tersebut? Ini dia.


1. Pisau Cukur

Mitosnya, rendam mata pisau cukur dalam air sabun untuk menghindari karat.

Tapi faktanya, pisau cukur yang berkarat memang tidak aman bagi kulit. Cegah karat dengan membersihkannya dalam air panas untuk memanaskan kembali pisau tersebut dan keringkan dengan handuk grosir yang bersih, kemudian celupkan dengan alkohol agar steril.

Ganti pisau cukur setelah enam kali penggunaan, dan hindari simpan pisau di tempat yang lembab.

2. Cat Kuku

Mitosnya, campurkan cairan pembersih kuku pada pewarna kuku yang mulai mengering dan bertekstur lengket.

Tapi faktanya, mencampurkan cairan pembersih dengan pewarna kuku akan merusak formula dan tekstur pewarna kuku. Disarankan gunakan nail polish thinner untuk mencairkan pewarna kuku yang mengering dan lengket.

Karena pewarna kuku berbahan dasar minyak, rendam dalam air hangat selama beberapa menit. Pewarna kuku pun dapat digunakan kembali. 

3. Parfum

Mitosnya, menyimpan parfum di dalam mobil akan mengubah aroma dan membuat parfum menguap.

Faktanya, batas kadaluwarsa parfum adalah 2 tahun. Agar umur parfum lebih panjang, simpan di tempat sejuk dan kering yang terhindar dari paparan sinar matahari.

4. Kuas Make Up

Mitosnya, membersihkan dan mencuci kuas dengan sabun mandi akan membuat helaian bulunya menjadi keras.

Faktanya, agar kuas make up bertahan lebih lama, rendam kuas dengan air hangat dan cairan pembersih kuas. Jika tidak ada, cuci dengan shampoo bayi dan bilas dengan air hangat.

Siram kuas hingga bersih, lalu peras lembut kuas dengan handuk bersih, agar airnya langsung keluar. Rapikan bulu kuas dengan ruas jari Anda. 

Jangan tinggalkan kuas basah di handuk. Kuas tidak akan cukup cepat mengering, sehingga bisa membuat jamur tumbuh. Cukup letakkan kuas di meja dengan posisi bulu menggantung di tepi luar hingga mengering.

5. Maskara

Mitosnya, maskara yang menggumpal pada ujung aplikator menandakan maskara sudah hampir habis.

Faktanya, maskara yang menggumpal menandakan percampuran oksigen berlebih pada kandungan maskara. Hal ini terjadi, ketika Anda terbiasa melakukan gerakan seperti memompa sebelum mengaplikasikan maskara. Sebaiknya, lakukan gerakan mengaduk atau langsung mengaplikasikan ujung aplikator pada bulu mata.

Demikian merupakan beberapa hal mitos dan fakta seputar kosmetik yang perlu Anda ketahui. Bagaimana? Cukup menarik, bukan?

Comments