Yuk Sehat Dengan Merawat Handuk Ini!


Handuk adalah barang yang memang paling dicari saat mandi, tetapi sesudahnya sering kali dilupakan bahkan perawatan pun terlewatkan. Padahal perawatan handuk yang tidak teratur dapat membuat handuk menyimpan banyak bakteri dan kuman yang mengganggu kesehatan.

Nah, jika Anda ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga Anda, mari disimak seputar handuk bintang berikut ini. Langsung simak saja!


1. Handuk dapat menjadi kasar dan kaku disebabkan oleh penggunaan deterjen saat mencucinya. Agar handuk tetap lembut, sebaiknya kurangi penggunaan deterjen saat mencuci handuk, gunakan secukupnya.

Residu deterjen yang tidak hilang seluruhnya saat membilas akan menempel dan membuatnya menjadi kaku. 

2. Handuk yang jarang dicuci dapat menjadi tempat ideal kuman untuk berkembang biak.

3. Untuk handuk wajah, sebaiknya segera cuci setiap kali dipakai terutama untuk mengelap keringat atau kosmetik. Sisa kosmetik yang menempel di handuk dapat menjadi tempat kuman bersarang di handuk Anda.

4. Jika Anda mengeringkan tubuh dengan handuk, bakteri serta kulit mati yang ada di tubuh dapat ikut terangkat. Bakteri tersebut juga dapat tumbuh subur sebab handuk adalah tempat yang lembab.

5. Handuk mandi menyerap sel kulit mati dan bakteri alami dari tubuh serta kondisi lembab dapat membuat bakteri ini tumbuh subur. Berbagi handuk juga dapat menyebarkan bakteri dan virus seperti Staphylococcus aureus yang daat menyebabkan infeksi kulit, luka dingin dan bau kaki.

6. Selalu cuci handuk seminggu sekali. Cucilah dengan suhu tinggi untuk membunuh bakteri, jika peru Anda cuci juga dengan produk anti bakteri.

7. Saat proses pencucian, sebaiknya pisahkan dari pakaian yang lain agar bakteri dari pakaian tidak terserap ke dalam handuk.

Nah itu dia merupakan beberapa hal yang bisa bermanfaat untuk Anda dalam menjaga kebersihan handuk. Pastikan perawatan handuk Anda diperhatikan dengan benar agar kesehatan diri pun terjaga. 

Comments