Sudah Benar Merawat Topi Kesayangan Anda?


Anda punya topi di rumah? Atau Anda suka menggunakan topi untuk keseharian? Ya, setiap orang pastinya punya topi masing-masing. Entah digunakan sebagai penutup kepala saat panas, atau memang hanya sekedar tambahan fashion, pasti sangat berguna.

Nah, topi memang menjadi andalan untuk melindungi kepala kita dari panas bahkan dingin. Selain itu, topi juga berfungsi sebagai aksesoris penambah gaya penampilan seseorang, seperti yang dibahas sebelumnya. 

Beragam bentuk dan bahan topi bisa Anda padu padankan dengan gaya penampilan Anda. Tapi, apa jadinya topi tersebut berubah bentuk bahkan menjadi kusam karena kurangnya perhatian perawatan?


Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut ini ada cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat topi tetap awet dipakai. Mari disimak!


1. Ketika ingin mencuci topi, alangkah baiknya dipisahkan dengan pakaian lain. Terlebih Anda memiliki lebih dari 1 topi. Pastikan untuk tidak mencampurnya dengan pakaian.

2. Cuci topi menggunakan air dingin yang sudah dicampur detergen dan pengharum. 

3. Hindari menggunakan air panas dan pemutih, karena dapat mengubah warna topi.

4. Jangan memberikan detergen langsung pada topi Anda, karena dapat menyebabkan topi menjadi luntur. Sebaiknya, larutkan ke dalam air terlebih dahulu, kemudian masukkan topi.

5. Cuci topi secara manual dengan tangan, alangkah baiknya. Hindari penggunaan mesin cuci, karena dapat menyebabkan perubahan bentuk pada topi.

6. Jangan menggosok atau menyikat topi terlalu keras agar tidak membuat tipis bahan topi atau merobeknya.

7. Saat mengeringkan topi, hindari memerasnya agar tidak merubah bentuknya. Untuk mengurangi kadar air dalam topi, Anda bisa menekan-nekannya dengan menggunakan handuk bintang yang bersih.

Nah, itu dia cara simple untuk perawatan topi kesayangan Anda. Bagaimana? Tidak terlalu sulit dilakukan, dan tidak mengambil waktu Anda juga. Perawatan topi yang tepat mempengaruhi keawetan topi tersebut, jadi jangan dibiarkan rusak tanpa perawatan ya. 

Comments