Ini Tips Merawat Pakaian Berornamen!


Anda menyukai pakaian dengan ornamen berpayet? Ya pasti jenis ini adalah yang Anda sukai diantara jenis lainnya. Yap, aksen atau ornamen payet pada pakaian memang dipercaya mampu memberikan nilai keindahan tersendiri pada busana tertentu. Anda bisa menebak?

Yap bisa berupa gaun, gamis, maupun kebaya adalah beberapa contoh pakaian yang sangat indah bila dipadukan dengan aksen tersebut.

Namun, keindahan dari pakaian tersebut tentunya tidak akan bertahan lama jika perawatan yang dilakukan tidak sesuai. Perawatan yang diberikan memang harus lebih ekstra.


Adanya ornamen pada suatu pakaian harus diperlakukan hati-hati agar ornamen pada pakaian Anda tidak rusak bahkan terlepas. Untuk menghindari ini, Anda ingin tahu tips perawatan bagi pakaian berornamen kesayangan? Simak!


- Untuk hilangkan kotoran Anda bisa merendam pakaian berornamen dalam larutan air dengan deterjen berbahan lembut. Diamkan beberapa saat hingga kotoran terangkat dengan sendirinya.

- Jangan memeras atau mengucek pakaian terlalu kuat jika tidak ingin serat halus pakaian atau kain berpayet menjadi cepat rusak. 

- Jika ada bagian yang terkena noda membandel, maka bersihkan bagian tersebut dengan dikucek menggunakan tangan atau sikat lembut.

Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis yang dapat mengusir noda sekaligus bau menempel pada pakaian berpayet kesayangan. Cukup teteskan air jeruk nipis ke bagian yang ternoda, gosok secara perlahan sambil ditekan lembut hingga nodanya terangkat.

- Proses penjemuran,hindari untuk menggantung pakaian tersebut. Pakaian basah plus aksesoris yang menempel dapat membuat pakaian menjadi lebih berat.

Menggantung pakaian basah tersebut dapat membuat pakaian Anda berubah bentuk. Disarankan letakkan pakaian Anda di tempat datar dan sejuk.

- Untuk percepat proses pengeringan manfaatkan handuk bintang Anda. Cukup dengan tekan-tekan handuk ke pakaian agar handuk dapat menyerap air lebih baik.

- Saat menyetrika, sebaiknya setrika melalui bagian dalam dari pakaian. Tujuannya agar payet yang mayoritas dibuat dari bahan plastik tidak mudah rusak dan meleleh.

Bagaimana? Cukup mudah, bukan? Semoga perawatan untuk pakaian berornamen Anda bisa terjaga dengan baik. Ingat, perawatan yang baik dapat membuat pakaian kesayangan menjadi lebih awet dan terjaga keindahannya. 

Comments