Dampak Jika Malas Mencuci Handuk Nih!



Seperti halnya baju, handuk bintang yang biasa kita pakai pakai setiap hari perlu dijaga kebersihannya.

Terlebih lagi, handuk yang diganti setelah empat kali pemakaian, perlu dicuci. Karena handuk yang cenderung lembab karena pemakaian, inilah yang menyebabkan bakteri dan kuman lebih mudah berkembang biak.


Semakin lama Anda menunda untuk mencuci dan mengganti handuk, tentu akan semakin banyak kuman dan bakteri bersarang. Hati-hati, pemakaian handuk kotor bisa menyebabkan infeksi kulit dan menyebabkan tumbuhnya jamur di organ intim Anda.

Dan lebih buruknya adalah Anda dapat masuk ruang ICU, meski sangat jarang terjadi. Meski Anda merasa dalam keadaan bersih saat mengeringkan tubuh dengan handuk, Anda tidak tahu apa yang terjadi.

Saat mengeringkan tubuh dengan handuk, Anda mentransfer bakteri kulit ke handuk yang Anda pakai. Bakteri tersebut kemudian akan terus bertambah dan berkembang biak dari hari ke hari.

Umumnya, keringkan tubuh dengan handuk yang dipenuhi oleh bakteri kulit Anda sendiri tak akan menyebabkan Anda sakit. Tapi, jika Anda membawa bakteri patogen seperti MRSA.
MRSA atau (Methicillin-resistant Staphylococcus Aureus, infeksi kulit yang bisa menyebar ke organ tubuh lain seperti paru dan jantung. Sehingga, bisa membahayakan nyawa.), karena sekitar 10% orang sehat bisa membawa ini jika kulitnya kering, pecah-pecah atau ada luka pada kulit, jelas Whittier.

Jika infeksi MRSA menyebar hingga masuk ke dalam darah, sudah pasti Anda akan terbaring di rumah sakit. Pada orang dengan MRSA, meski rutin mencuci handuk setelah empat kali pemakaian, kemungkinan infeksi tetap ada.

Kalau Anda tidak mencuci handuk setelah pemakaian keempat kali, Anda memang takan langsung terkena infeksi jamur. Tidak ada jamur di kulit, berart tak ada jamur pada handuk dan infeksi.

Tapi? Ketika Anda mulai mencium bau tak sedap pada handuk yang dipakai, itu berarti jutaan bakteri telah bersarang di sana. Dan jika masih tetap mengacuhkan, tidak mencuci dan menggantinya dengan handuk bersih, maka jutaan bakteri tersebut dapat berpindah ke seluruh tubuh hingga dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Jadi, mulailah biasakan mengganti handuk setelah empat kali pemakaian. Selain itu, jangan pernah untuk bertukar handuk dengan siapapin, agar kulit dan tubuh tetap sehat. Yuk jaga kebersihan dengan selalu mencuci handuk yang benar!

Comments