Tips Untuk Hilangkan Bekas Luka Bakar!


Mungkin banyak orang bingung ketika kulit mereka memiliki luka aibat suhu panas atau terkena knalpot panas. Terkadang kita sendiri bingung ketika mengalami luka bakar jika kurang pengetahuan apabila terjadi.

Maka dari itu, pengetahuan mengenai cara alami mengobati luka bakar dan bekasnya sangat diperlukan. Anda sendiri, tahu cara untuk mengatasinya? Yuk simak berikut ini!


1. Cuka

Cuka memiliki kandungan asam senat yang dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, serta rasa gatal. Selain itu, cuka berperan sebagai antiseptic untuk menjaga luka dari infeksi.

Luka yang di olesi dengan cuka lebih cepat membaik dan mengering serta tidak terlalu parah. Caranya, cukup rendamkan handuk bintang dengan cuka kemudian kompres luka bakar tersebut.

2. Madu

Di dalam madu terdapat sifat antibiotic yang dapat mencegah luka bakar dari terjadinya infeksi. 

Madu ternyata juga dapat membuat keasaman ph pada area luka menjadi normal, akibatnya bakteri sulit untuk hidup di area sekitar luka. Selain mencegah infeksi, madu dapat memberikan rasa dingin, dan mengurangi rasa sakit.

3. JANGAN gunakan es!

Menempelkan es ke bagian luka bakar dapat menyebabkan aliran darah menuju kulit menjadi terbatasi dan berakibat kerusakan jaringan.

Untuk pertolongan pertama, gunakan air dingin yang mengalir. Atau Anda dapat mengoleskan lendir lidah buaya untuk bantuk regenerasi kulit agar tumbuh dengan cepat.

4. Teh

Teh yang biasa diminum juga mengandung asam tannic yang dapat menarik panas keluar dari luka, sehingga membantu mengurangi rasa sakit.

5. Minyak Kelapa


Ternyata kandungan vitamin E pada minyak kelapa murni dapat mempercepat perbaikan sel pada kulit yang mengalami luka.

Kandungan asam laurat dan asam kaprik dalam minyak kelapa dapat mengatasi infeksi bakteri, virus, dan protozoa. Dan selain itu mampu mempercepat terjadinya proses metanolisme sel di kulit. 

Hal ini juga diperkuat dari studi di MY yang mengatakan jika minyak kelapa murni mampu mengobat luka bakar baik karena disebabkan oleh air panas, bahan kimia, api, listrik, dan radiasi matahari.

Wah, ternyata kelima bahan diatas tersebut beberapa bisa didapatkan dengan mudah nih. Untuk cegah luka bakar yang semakin parah, ada baiknya persiapkan beberapa dari bahan di atas bila kemungkinan terjadi luka bakar pada Anda atau orang lain. 

Cegah sebelum terjadi ya, yuk mulai peduli kepada diri sendiri dengan selalu membawa peralatan obat yang lengkap dan mudah dibawa kemana-mana. 

Comments