Tahukah Anda Berapa Hari Mencuci Handuk Yang Ideal?


Halo semua, tetap dalam pembahasan handuk tidak akan pernah terlewatkan agar Anda senantiasa terjaga kebersihan tubuh dengan baik.

Pernahkah berpikir untuk mencuci handuk Anda beberapa hari sekali? Atau Anda sudah rutin untuk mencucinya sesuai jadwal? Idealnya mencuci handuk itu sebenarnya berapa hari sekali?


Mungkin ada beberapa pertanyaan yang Anda ingin tanyakan tentang kebersihan handuk. Lalu berapa idealnya waktu untuk mencuci handuk dengan benar?

Seminggu sekali tidak masalah selama Anda menggantungnya di tempat kering dan tidak membiarkannya jatuh ke lantai. Handuk yang digunakan setelah mandi dapat menjadi lembab sehingga penting untuk dijemur.

Pada prinsipnya, bakteri dan jamur akan mulai menumpuk setelah handuk digunakan, mengingat handuk digunakan untuk mengeringkan tubuh yang baru saja dibersihkan dari kuman dan bakteri.

Tapi, pertumbuhan bakteri dan kuman bisa melambat jika handuk terjaga dalam keadaan kering! Anda harus tahu hal ini agar tidak membiarkan handuk dalam keadaan lembab.

Terlebih jika dipakai sekali, handuk sudah menimbulkan bau yang tidak enak, hal itu menunjukkan jika banyak bakteri yang membaluti kulit sehingga menempel pada handuk.

Perlu Anda ketahui, saat handuk digunakan berkali-kali, maka otomatis akan banyak menyisakan kuman-kuman atau kotoran yang menempel di handuk. 

Umumnya handuk dipakai untuk menggosok kulit sehingga permukaannya akan penuh dengan tumpukkan sel kulit mati. Ditambah dengan kondisi lembab karena handuk tidak dijemur maka akan tercipta lingkungan yang sempurna bagi bakteri, kuman, dan jamur untuk tumbuh subur.

Penumpukan bakteri dan kuman juga berlaku bagi handuk tangan atau lap di dapur. Tak terkecuali jika Anda membeli handuk grosir dari Bintang Handuk, maka perlu diperhatikan kebersihannya.

Ketika Anda ingin mencuci handuk mandi ataupun handuk tangan serta lap dapur, sebaiknya rendam dulu dengan air panas sebelum dicuci. Hal ini untuk memastikan kuman dan bakteri serta jamur di handuk tersebut mati.

Nah itu dia merupakan hal yang perlu Anda perhatikan agar handuk tidak lembab sehingga terhindar dari jamur. Semoga Anda dapat memperhatikan kebersihan handuk dengan benar.

Comments