Ingin Tetap Bugar Selama Puasa?


Ketika berpuasa bukanlah saat Anda untuk bermalas-malasan. Dan tidak bisa menjadi halangan untuk melaksanakan aktivitas rutin Anda.

Selama berpuasa di bulan Ramadhan ada baiknya untuk Anda selalu menjaga kebugaran tubuh agar tetap segar dan sehat. Bagaimana dengan cara Anda sendiri untuk membuat tubuh tetap sehat selama berpuasa?

Mungkin dari sebagian orang sudah tahu jawabannya, olahraga. Tapi tidak hanya itu yang perlu diperhatikan, handuk yang Anda pakai juga penting untuk diperhatikan agar terjaga kesehatan tubuh, karena kebersihan handuk.


Selain itu, ada juga beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui agar tetap bugar selama puasa. Read this one!


1. Istirahat Yang Cukup

Sebaiknya Anda beristirahat yang cukup di malam hari. Tidur lebih awal saat puasa juga membantu Anda untuk mencukupkan energi pada tubuh sehingga pada esok hari tubuh tidak lemas akibat kurang tidur.

2. Mengakhiri Makan Sahur

Artinya makan sahur beberapa saat sebelum imsyak. Hal ini diajarkan juga dalam agama.

Secara ilmiah, hal tersebut bermanfaat untuk memperpendek masa kosongnya perut karena berpuasa. Maka konsumsilah makanan yang memiliki protein energi untuk beraktifitas seharian.

3. Olahraga

Sebaiknya lakukan aktivitas olahraga pada waktu menjelang berbuka agar terhindar dari dehidrasi. Jika pada saat tubuh memerlukan asupan nutrisi, Anda dapat mengantisipasinya pada saat berbuka.

4. Jangan lupa pemanasan dan pendinginan saat olahraga

Sebelum dan sesudah olahraga sebaiknya lakukan stretching terlebih dahulu untuk mengurangi cidera pada saat berpuasa. Olahraga sebaiknya dilakukan secara bertahap mulai dari hal ringan terlebih dahulu.

Bagaimana dengan Anda? Apakah ada olahraga favorit yang Anda rutin lakukan saat ini?

5. Segera Berbuka

Segeralah untuk berbuka bila waktu telah tiba, segera minum dan makan secukupnya dengan makanan bergizi untuk mengganti energi yang hilang saat berolahraga.

Memang banyak dari Anda makan secara berlebihan pada saat berbuka, padahal sebenarnya makan yang maksimal itu adalah saat makan sahur. Makan saat sahur sebagai bekal energi untuk Anda beraktifitas sehari-hari.

Itu dia merupakan tips yang bisa Anda ikuti untuk tetap bugar saat berpuasa. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda.

Comments