Dampak Handuk Seminggu Tidak Dicuci


Memiliki handuk memang pasti semua orang tahu apa fungsi dari kegunaan handuk bukan? Tentu saja. Handuk adalah barang penting yang perlu dibawa saat mandi.

Namun kegunaan handuk untuk membalut tubuh dari basahnya air setelah mandi memang menjadi manfaat utama. Tapi hal utama lain dari handuk yang tidak boleh dilupakan adalah kebersihan handuk.


Anda harus paham apa itu kebersihan handuk yang seharusnya dijaga agar Anda tetap sehat. Terlebih jika handuk yang digunakan tidak dicuci dalam seminggu.

Penggunaan handuk yang sama untuk mengeringkan tubuh atau wajah dalam waktu lama, dapat memicu timbulnya penyakit. Dari penggunaan handuk tersebut dapat meninggalkan bakteri, virus dan jamur dengan cepat.

Hal yang perlu Anda ingat adalah gunakan handuk besih dan kering untuk membasuh tubuh dan wajah. Jangan pernah menggunakan handuk basah untuk membasuh tubuh setelah mandi.

Handuk bisa menjadi alat transfer bakteri sehingga dapat memicu jerawat pada wajah. Meskipun menggunakan handuk bersih, tetapi bisa memungkinkan sejumlah bakteri tertinggal di tubuh.

Bakteri yang menempel dapat menjadi residu karena bakteri dapat hidup pada handuk Anda selama seminggu. 

Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk cegah agar tidak terkena bakteri berbahaya yang bisa saja menghinggapi tubuh. Gunakan satu sisi handuk, dan balikan kemudian gunakan sisi lain di hari berikutnya.

Gantung handuk sampai kering dan usahakan untuk tidak menggunakan handuk lebih dari seminggu. Terlebih jika menggunakan handuk satu secara bersamaan.

Handuk secara bersamaan dapat menularkan penyakit kulit ke tubuh lainnya dengan cepat seperti panu atau penyakit lainnya. Dan juga tidak mungkin hal ini tidak kita sadari membuat organ tubuh menjadi gatal dan bisa menyebar ke seluruh tubuh Anda.

Jadi, sudah tahu arti dari cuci handuk yang benar bukan? Jangan sampai Anda membiarkan handuk teralu lama untuk tidak di cuci. Jaga handuk Anda untuk tetap bersih sehingga tidak menimbulkan penyakit kulit di tubuh.

Comments