Ketahui Bahaya Keringkan Rambut Dengan Handuk!


Yup, ada banyak orang yang memiliki ritual mencuci rambut yang sama. Basahi rambut, memakai shampoo sampai berbusa, bilas dan keringkan dengan handuk. 

Jika dilakukan dengan saksama  tak ada yang salah dengan urutan tersebut, kecuali bagian terakhir. 

Yap!! Menggosok rambut dengan handuk agar kering ternyata tidak tepat dan malah dapat membuat rambut menjadi rusak. Karena tekstur rambut yang kasar malah bisa merusak rambut. 


Apalagi jika kamu punya kebiasaan memeras rambut dengan handuk terlalu keras. Hal tersebut bisa  membuat batang rambut menjadi rapuh. 

Perlu kamu ketahui, batang dan akar rambut akan melemah. Tanda-tandanya adalah rambut jadi terasa kaku, kering dan keriting. 

Rambut yang kaku adalah indikator utama kerusakan rambut, sementara rambut kering menandakan hilangnya kelembaban rambut yang sewajarnya ada. Bisa bayangkan jika kehilangan kelembaban dapat membuat rambut menjadi kering. 

Jika Anda terlanjur melakukan kesalahan seperti itu, tak perlu khawatir. Karena rambut yang rusak dalam kadar tertentu masih bisa diperbaiki dengan melakukan beberapa perubahan. 

Namun perubahan itu, seperti perawatan rambut yang khusus,  harus dilakukan secara rutin. Seperti memberikan vitamin rambut, masker rambut dan sebagainya.

Shampoo dan kondisioner adalah bagian yang harus diperhatikan untuk merawat rambut. Jika rambut Anda diwarnai, gunakan sampo untuk rambut yang diwarnai. Jika volume rambut sedikit, gunakan volumizing dan kondisioner. 

Selalu menggunakan kondisioner saat penataan rambut, akan membuat kutikula rambut menjadi halus. Sesekali gunakan masker rambut agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Beralih untuk proses pengeringan, menggunakan handuk memang akan menyerap air secara maksimal, namun hal tersebut dapat membuat rambut menjadi rusak. 

Mengeringkan rambut dengan ditekan-tekan perlahan ke arah ujung rambut dengan menggunakan bahan yang lebih halus — seperti bahan kaus — memungkinkan untuk mengurangi rambut kusut. 

Jika membiarkan rambut di udara terbuka akan menjadi cara yang sehat untuk mengeringkan rambut. Ketika seseorang jarang memiliki waktu untuk melakukan perawatan, gunakan kondisioner atau pelembap rambut dan membungkusnya dengan bahan yang halus dan biarkan mengering selama semalam.

Tentu hal ini akan membantu rambut lebih cepat mengering dan batang rambut terjaga kelembapannya. Jadi, jaga kesehatan rambut dengan baik agar tetap sehat! :D

Comments