Yuk Cuci Handuk DEngan Suka!


Handuk adalah salah satu bahan yang cukup sulit dicuci. Padahal handuk adalah benda yang paling sering digunakan untuk membersihkan tubuh, atau juga membersihkan benda lainnya sehingga rentan terhadap kuman dan bakteri.


Tidak sedikit orang yang hanya meletakkan begitu saja handuknya setelah selesai dipakai. Akhirnya, lupa dikeringkan dan membiarkan handuk tidak dicuci dalam waktu yang lama. Sekalipun tidak terlihat dampak yang terlalu besar pada handuk, menggunakannya dengan cara seperti itu bisa membuat handuk dihinggapi kuman dan tak tahan lama.

Karena itu, diperlukan sedikit perhatian agar handuk dapat tetap bersih dan bisa digunakan dengan nyaman. Tak hanya itu, merawatnya dengan benar juga dapat menghindarkan handuk dari adanya kuman. Jadi, saat mencuci handuk Anda harus melakukannya dengan baik agar benda itu dapat kembali seperti baru lagi.

Handuk dapur yang kerap digunakan membersihkan tangan dan piring juga tak luput dari kuman, lho. Malah handuk dapur dikatakan menyimpan juga bakteri coliform, sejenis bakteri yang hidup di saluran pencernaan. Berdasarkan studi dari University of Arizona pada 2014, handuk dapur pun juga mengandung E Coli 25 % nya.

Ini akibat penggunaan handuk yang dalam waktu lama, tak dicuci hingga berhari-hari, bahkan masih dipakai untuk membersihkan berbagai benda di dapur setelah digunakan mengeringkan tangan juga.


Yang ideal sebuah handuk harus dicuci setiap kali usai digunakan. Cara mencucinya juga tak sekedar degan sabun biasa, namun harus dicelupkan juga ke larutan pemutih. Larutan pemutih yang diencerkan ini dapat membantu membunuh kuman dan bakteri hingga seminimal mungkin.

Untuk handuk mandi, cara mencuci yang disarankan adalah dengan merendamnya ke larutan cuka sebanyak satu cangkir yang diencerkan dalam air. Setelah perendaman beberapa saat, kucek atau giling di mesin cuci dengan deterjen biasa.

Bilas hingga 2 kali untuk hasil handuk yang lebih bersih, lalu keringkan dan jemur. Jika Anda lakukan ini dengan benar, maka handuk Anda kembali bersih dari kuman dan bakteri mengganggu.

Peneliti juga menyarankan untuk durasi mencuci handuk adalah setelah 3 kali pakai. Jika Anda sedang sakit, disarankan untuk mencuci handuk dengan desinfektan agar steril kembali. Ini untuk mencegah kuman dan kotoran kembali ke kulit dan tubuh jika digunakan dalam waktu lama.

Nah itu dia merupakan cara yang bermanfaat untuk Anda dalam mencuci handuk dengan benar. Jangan lupa pilih Bintang Handuk sebagai tempat distibutor handuk terbaik untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat! Sayonara guys!

Comments