Mau Handuk Lama Terasa Baru?


Kegiatan mengeringkan badan setelah mandi akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan dengan adanya handuk yang bersih dan lembut.

Sayangnya, semakin lama dipakai, mayoritas handuk justru terasa kasar. Belum lagi bau apek yang menguar ketika Anda mengambil handuk dari tempat penyimpanan.

Perubahan tekstur material yang menjadi lebih kasar tersebut ternyata dipengaruhi oleh deterjen dan cairan pelembut yang Anda gunakan.


Tapi, tidak usah terburu-buru membeli handuk baru. Anda bisa menerapkan trik di bawah ini agar handuk lama Anda terasa seperti baru kembali.


Pertama, Manfaatkan Cuka dan Baking Soda

Saat mencuci menggunakan deterjen, partikelnya akan menempel pada kain handuk dan tidak akan hilang seluruhnya. Itulah mengapa handuk Anda jadi terasa lebih kaku. Sebagai gantinya, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan dapur seperti cuka dan baking soda. Bagilah tahap pencucian handuk lama Anda menjadi dua bagian.

Pada tahap pertama, cuci handuk menggunakan air panas dan satu cup cuka. Apabila sudah selesai, jangan buru-buru menjemurnya. Tetap menggunakan air panas, cuci ulang handuk tersebut menggunakan setengah cup baking soda. Setelah selesai, Anda bisa mengeringkannya pada mesin dryer atau menjemurnya.

Kedua, Cuci Menggunakan Air Panas

Mayoritas orang menggunakan air bersuhu ruangan saat mencuci segala jenis pakaian mereka. 

Khusus untuk handuk, lebih baik Anda menggunakan air panas karena ia dapat menjaga serat handuk agar tetap halus. Air panas juga dapat membantu “mengembangkan” serat sehingga handuk terasa selalu lembut.

Last! Pastikan Benar-Benar Kering

Sebelum Anda mengambil handuk dari dryer atau jemuran, pastikan bahwa handuk tersebut benar-benar telah kering. 

Kalau tidak, sedikit jejak basah yang masih tersisa dapat membuat handuk Anda menguarkan bau apek dan tidak enak, bahkan meskipun Anda sudah menggunakan cairan pewangi atau pelembut sebelumnya.

Cukup mudah untuk diterapkan, bukan? Tentu Anda tidak perlu mencuci handuk Anda setiap hari, mungkin cukup dilakukan sekali dalam sebulan. Nah, mulai sekarang, Anda tidak perlu lagi bolak-balik membeli handuk baru. Selamat mencoba! 

Comments