Mari Ketahui Sejarah Asal Mula Handuk!

Handuk, dari namanya saja sudah pasti banyak orang mengenal jenis benda salah satu perlengkapan kebersihan yang penting satu ini. Terlebih jika Anda membeli handuk berbahan Terry Palmer di BintangHanduk yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Nah, kira-kira apakah Anda tahu sejarah dari handuk ini? Jika belum berikut ini ada dua versi yang menyebutkan terbentuknya atau terciptanya handuk.


Versi pertama menyatakan jika handuk merupakan berasal dari daratan Eropa dimana sampai abad ke 19 orang-orang disana mengeringkan badan dengan berjemur. Kemudian diangin-angikan atau dilap dengan kain biasa sehingga saat itu handuk belumlah populer. Tetapi ada dari beberapa kalangan tertenu sudah biasa mandi setiap hari dan menggunakan kain semacam handuk untuk mengeringkan badan.

Namun pada jaman tersebut kain atau itilahnya handuk dikatehorikan sebagai barang mewah dan cukup mahal soal harga. Nah, kemudian di tahun 1841, orang-orang Prancis sudah membuat handuk dengan mesin dari kain sutra .

Kemudian di tahun 1851, Samuel Holt merupakan seseorang yang pertama kalinya membuat handuk dari Cotton dan dipamerkan di Crystal Palace, London. Ratu Victoria yang datang sangat terkesan dan menganugerahkan medali emas bagi Samuel Holt dan memesan 6 lusin handuk bagi istana.

Waktu pun telah berlalu, handuk sudah menjadi barang kebutuhan rumah tangga karena harganya semakin murah dan mudah untuk digunakan. Kemudian pada tahun 1863, Samuel Holt berimigrasi ke AS dan mendirikan pabrik handuk di Peterson, NJ.

Karena dulunya handuk berwarna putih saja, di tahun 1925 sudah banyak beberapa handuk berwarna mulai dipasarkan. Namun, banyak dari orang kaya dan terkenal kurang menyukai bahwa handuk yang mereka pakai sama dengan dipakai pada umumnya, maka mereka mulai memesan khusus handuk dengan monogram atau logo pribadi mereka.

Milton Weigler dari NY kemudian mulai memproduksi handuk dengan monogram atau logo khusus sesuai permintaan dan hal ini menyebar ke seluruh dunia.

Nah, versi lain mengatakan handuk berasal dari negara Turki sekitar abad ke-18 dan dikenal dengan nama "Handuk Turki". Dan sejak awal Handuk Turki berukuran 90x110 cm dari Cotton dan Linen yang terdiri dari loop-loop atau lengkungan lusi. Turki sendiri memiliki jenis handuk yang berbeda-beda kegunaannnya seperti untuk bahu, pinggul dan kepala.

Demikian merupakan dua versi sejarah handuk yang penting untuk Anda ketahui. Jangan lupa untuk memesan handuk Terry Palmer di BintangHanduk saja. Anda akan mendapatkan jenis handuk yang sesuai dengan keinginan Anda dan berkualitas mutunya.

Comments