Apa Sih Penyebab Kulit Kering?


Kulit yang terasa kasar dan agak terkelupas merupakan salah satu ciri dari tipe dry skin (kulit kering). Biasanya kulit dengan tipe kering memerlukan perhatian khusus agar tidak semakin menjadi masalah bagi kulit lain. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab kulit kering tersebut?

Ada beberapa hal yang dapat dijadikan penyebab kulit kering. Misalkan seperti menggunakan handuk berbahan terry palmer di BintangHanduk dan menggosokan ke kulit terlalu kasar dapat menjadi penyebab kulit kering. Nah, sebaiknya gunakan handuk ketika membilas tubuh dengan hanya ditepuk-tepuk saja.

Selain handuk, ada hal lain yang dapat menjadi penyebab kulit menjadi kering. Apa saja? berikut ini merupakan penyebabnya :


1. Tidak Mengabaikan Sunscreen
Sunscreen merupakan krim yang wajib digunakan oleh siapapun termasuk dengan tipe kulit kering. Sunscreen tidak boleh terlewatkan oleh siapapun agar kulit memiliki kelembaban normal. Pakai sunscreen di kulit Anda selalu sebelum dan selama beraktivitas minimal 2 jam sekali.

2. Mencuci Muka 
Mencuci muka dapat membuat kulit terhindar dari kotoran yang menempel, namun jika terlalu sering tidak akan baik bagi kulit Anda. Kulit yang terlalu sering menerima sabun wajah dapat semakin hilang kelembaban pada kulit. Ditambah dengan air hangat ketika membilas, wajah akan semakin kering.

Sebaiknya mencuci muka cukup dua kali sehari dan menggunakan air biasa atau dingin agar wajah segar kembali.

3. Scrubbing
Scrubbing merupakan kegiatan perawatan yang dapat membuat kulit lebih cepat kering jika dilakukan terlalu sering. Untuk kulit kering sebaiknya melakukan scrubbing sebulan sekali saja. Meskipun tujuan dari crubbing untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, namun tipe kulit kering tidak cocok jika scrubbing terlalu sering.

4. Krim Pelembab 
Krim pelembab memang bertujuan untuk melembabkan dan menghaluskan kulit, namun jika diolesi terlalu banyak dapat membuat kulit kering dan kusam. Krim yang terlalu tebal dapat meninggalkan noda hitam dan kusam. Sebaiknya olesi krim tipis dengan pelembab gel yang dapat meresap sempurna dan tidak membuat kulit kusam.

Demikian merupakan penyebab kulit kering yang dapat terjadi oleh Anda. Semoga bermanfaat dan terjaga kulit kering Anda. Jangan lupa untuk menggunakan handuk terry palmer di BintangHanduk yang bahannya berkualitas .

Comments