7 Benda Yang Tidak Boleh Digunakan Bersamaan



Anda pasti memiliki berbagai macam barang untuk diri sendiri bukan? Ya, tentu saja. Kebutuhan manusia berbeda-beda tapi tetap saja ada yang mebutuhkannya dengan meminjam barang orang lain.

Tapi tahukah Anda, jika ada beberapa barang yang tidak dipekernankan untuk digunakan secara bersamaan? Ya, tentu ada beberapa dari barang tersebut yang selalu kita gunakan sehari-hari, seperti handuk.

Mengapa? Ini dia macam barang yang tidak bisa digunakan bersamaan.


1. Handuk

Handuk memiliki fungsi membersihkan tubuh kita dari bakteri. Jika satu handuk bintang digunakan lebih dari satu orang dapat meningkatkan risiko pertukaran kuman di antara orang-orang yang menggunakan handuk tersebut.

2. Sikat Gigi

Sikat gigi yang diunakan secara bersamaan lebih dari 1 orang berisiko meningkatkan penularan hepatitis C. Jika Anda lupa membawa sikat gigi saat menginap, upayakan untuk membeli yang baru daripada meminjam milik orang lain.

3. Gunting Kuku

Berjalan tanpa alas kaki di kamar mandi umum dapat menimbulkan risiko terkena jamur kuku. Begitu pula dengan menggunakan pemotong kuku secara bergantian dengan orang yang terkena jamur.

Jamur ini umumnya berkembang biak dalam lingkungan yang lembap dan hangat, serta dapat menyerang kuku tangan, kaki, serta kulit di sekitar kuku.

4. Pakaian

Baju bahkan dapat mengandung kuman dari tinja dan jamur dari infeksi genital. Bahayanya, kuman-kuman tersebut dapat tinggal pada kain dalam waktu lama.

Jika pakaian tidak dicuci dengan benar, maka kuman juga bisa menyebar ke pakaian lain yang dicuci bersamaan. Ini sebabnya pakaian, terutama pakaian dalam, perlu diganti tiap hari dan tidak dipinjamkan kepada orang lain.

5. Sisir

Kurap pada kulit kepala dan kutu adalah gangguan yang sering dialami anak=anak di sekitar usia 3-11 tahun. Kurap dapat meninggalkan ruam bulat berwarna kemerahan.

Sedangkan kutu dapat berkembang biak dengan cepat dan membuat gatal kulit kepala. Kurap dan kutu dengan mudah menyebar dan menulat lewat sisir yang digunakan secara bergantian.

6. Earphone

Infeksi pada saluran telinga bagian luar dapat disebabkan oleh pemakaian headphone yang tidak bersih. Jika tidak ditangani dengan tepat, infeksi ini dapat meluas dan risiko terbutuk, seperti hilangnya pendengaran.

7. Alat Cukur

Kulit yang terkelupas dan kemudian mengeluarkan darah adalah risiko yang terjadi saat seseorang mencukur bulu, rambut, atau jenggot.

Itulah sebabnya alat pencukur berisiko mengandung darah yang dapat menyebarkan penyakit tertentu, seperti hepatitis C, jika digunakan bergantian dengan orang lain.

Nah itu dia beberapa benda yang sebaiknya tidak digunakan oleh lebih dari satu orang. Jika Anda ingin terhindar dari resiko-resiko tersebut, sebaiknya gunakan barang sendiri saja. 

Comments