Yuk Hemat Air Saat Mencuci Pakaian!


Di musim kemarai seperti ini Anda harus pintar-pintar dalam menghemat air saat mencuci pakaian, handuk , dan segala keperluan penggunaan air lainnya. Yup, air sangat penting.

Air adalah sumber energi dan kebutuhan yang sangat utama untuk kehidupan manusia. Menghemat air saat mencuci pakaian salah satunya cara agar Anda menghemat air demi masa depan. 

Namun alangkah baiknya mulai dari sekarang kita harus selalu bijak dalam penggunaan air agar kelak pasokan air tetap terjaga. Lalu, bagaimana cara Anda untuk menghemat air terlebih saat mencuci pakaian?

Mungkin ini menjadi banyak pertanyaan bagi para ibu yang sangat sulit dilakukan bagi sebagian orang. Tapi jangan khawatir, ada cara untuk menghemat air saat mencuci pakaian dengan mudah. 


Anda dapat melakukannya setiap kali mencuci. Berikut ini merupakan cara menghemat air saat mencuci pakaian.


Gunakan Mesin Cuci Dengan Efisien

Mesin cuci model lama dengan bukaan atas menggunakan 151,4 hingga 170,3 liter air sekali cuci, dan rata-rata setiap keluarga mencuci sebanyak 300 kali dalam satu tahun.

Mesin cuci yang memiliki efisiensi tinggi adalah bukaan depan. Karena hanya membutuhkan 56,7 hingga 113,5 liter air sekali cuci. Ini dapat menghemat 11.400 hingga 34.000 liter air per tahun.

Operasikan Mesin Cuci Dengan Beban Penuh

Dalam mencuci pakaian kotor, mulailah mencuci saat tumpukan baju Anda cukup banyak dan sesuai kapasitas mesin, sebelum Anda mencucinya.

Pastikan menggunakan mesin cuci dalam mode ekonomis sebagai cara penghematan air serta hemat listrik. Terapkan aturan yang sama untuk mencuci piring, operasikan cucian piring yang cukup banyak tetapi jangan berlebihan.

Kurangi Frekuensi Mencuci Pakaian

Jangan terlalu sering mencuci pakaian kotor Anda, pastikan jika memang pakaian belum perlu dicuci kecuali sangat kotor dan bau. Seperti handuk, Anda tinggal gantung dan keringkan handuk pada rak setelah mandi.

Anda dapat menggunakan handuk berkali-kali sebelum mencucinya lagi. Dan akan membantu jika setiap anggota keluarga memiliki handuk masing-masing. 

Nah itu dia merupakan cara untuk menghemat air dengan tepat saat mencuci pakaian atau handuk. Bagaimana? Apakah Anda sudah mulai mencobanya hari ini? Mulai dari sekarang hemat air, masa depan anak-anak pasti terjamin. 

Comments