Mau Tahu Tips Agar Pakaian Tidak Luntur?


Pakaian yang luntur bisa menjadi salah satu masalah yang akan dihadapi saat mencuci pakaian. Tapi seharusnya Anda tidak perlu khawatir lagi bila bisa mencegah hal ini terjadi. Bagaimana caranya?


Ada beberapa cara yang harus Anda ikuti dari bawah ini. Yuk simak langkah awal yang harus Anda ikuti agar pakaian tidak luntur. 


Pertama, Periksa pakaian sebelum dicuci. 

Antisipasi munculnya kelunturan dengan mencuci pakaian baru adalah memisahkan pakaian sebelum dicuci. Mengantisipasi hal terburuk untuk mencegah pakaian tidak luntur secara tidak sengaja dan tahu pakaian aman, maka cuci secara umum tanpa rasa khawatir.

Saat memeriksa pakaian, cari khususnya memiliki warna-warna cerah. Pakaian seperti warna cerah memiliki banyak pewarna dan kemungkinan lebih mudah luntur.

Terutama, pakaian dengan warna-warna seperti merah, hijau, dan biru cenderung paling rentan dan perharian khusus untuk mencuci pakaian seperti ini.

Kedua, Pisahkan pakaian.

Pencegahan dasar yang baik adalah memisahkan pakaian. Cuci pakaian berwarna putih, terang, dan pastel, pakaian dengan warna terang yang sama, gelap, dan handuk bintang Anda agar terpisah.

Pemisahan pakaian ini dilakukan untuk menjamin pakaian menjadi tidak luntur agar tidak menodai pakaian lain dalam tumpukan pakaian.

Ketiga, Minimalkan gesekan.

Jika serat pakaian mengalami banyak gesekan, maka terbentuk retakan-retakan kecil yang bisa melepaskan pewarna yang ada di dalam serat. Inilah alasan mengapa Anda dapat melihat pakaian semakin lama menjadi pudar.

Kurangi gesekan dengan mencuci pakaian berat seperti jin di dalam satu tumpukan bersama-sama dan menutup semua risleting dan mengencengkan segala pengait.

Keempat, Uji tingkat kelunturan pada pakaian.

Anda dapat menguji tingkat keluntura sebelum mencuci pakaian. Maskan pakaian ke dalam wadah yang penuh oleh air bersabun selama setengah jam.

Jika berubah warna, maka pakaian tersebut telah luntur dan membutuhkan perawatan khusus untuk dicuci.

Comments