Mencuci Mobil Sendiri? Mudah Kok!


Anda memiliki kendaraan roda empat di rumah dengan keadaan yang kotor? Malas pergi ke tempat car wash terdekat karena jarak yang justru terlampau jauh? Cuci sendiri dirumah juga bisa kok. Dengan perlengkapan yang matang, Anda dapat langsung mencuci mobil sendiri terutama bila banyak waktu.

Lalu, bagaimana caranya? Simak trik dibawah ini!

Pertama, Sediakan dan pilih waktu yang tepat.

Mencuci mobil, khususnya jika dilakukan di luar rumah, sebaiknya dilakukan pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 17.00. Pasalnya, di waktu-waktu tersebut sinar matahari sedang ramah. 

Untuk lokasi mencuci mobil pun sebaiknya dipilih yang teduh atau terhindar dari sinar matahari langsung. Tujuannya, agar bodi mobil yang sudah diberi sampo dan disiram tidak cepat mengering sebelum dilap. 

NB: Jika sabun atau sampo mengering pada mobil sebelum dilap, justru bisa menghasilkan bercak pada cat mobil.

Kedua, Persiapkan peralatan.

Peralatan yang dibutuhkan antara lain sampo khusus mobil, selang air (hose), ember, spons untuk mencuci, sikat untuk ban, dan kain lap microfiber. Lap chamois bisa juga dipakai meskipun sebetulnya berisiko cat mobil tergores jika tak digunakan dengan hati-hati. 

Yang terbaik adalah lap microfiber yang memang didesain untuk mengangkat dan menahan kotoran. Jangan gunakan handuk mandi biasa, karena handuk mandi ini tidak mampu mengangkat kotoran, tetapi hanya memindahkannya. Jika khusus mandi, ada agen Bintang Handuk yang siap menjadi pilihan handuk terbaik untuk Anda.

Siapkan peralatan-peralatan tadi di dekat mobil yang hendak dicuci agar Anda tak kesulitan saat akan memakainya. Pastikan juga air yang dipakai bersih, supaya tidak merusak cat mobil. Pasalnya, air tanah yang mengandung banyak besi bisa membuat cat mobil menguning, khususnya mobil bercat putih. 

Ketiga, Persiapkan sampo.

Tuangkan sampo ke dalam ember secukupnya sesuai petunjuk pemakaian, lalu campur dengan air. Siapkan juga air bersih di ember lainnya untuk membersihkan ban atau pelek dan kolong mobil. 

Jangan lupa untuk pastikan semua jendela sudah tertutup rapat. Begitu juga wiper, harus sudah terangkat dan tidak menempel pada kaca.

Keempat, Bersihkan bodi mobil.

Anda bisa menggunakan kemoceng lebih dulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Bodi mobil yang masih penuh debu dan kotoran sebaiknya tidak langsung dibersihkan dengan sampo pencuci, karena bisa menyisakan goresan akibat gesekan spons dan debu.

Setelah bersih, siram seluruh bodi mobil dengan air bertekanan tinggi. Ini gunanya untuk membuang debu atau kotoran yang melekat pada bodi mobil. 

Jangan lupa, siram dan bersihkan kolong-kolong mobil, khususnya bagian kaki-kaki dan roda. Jika ada kotoran yang susah hilang dengan semprotan air, sapu dengan kain halus untuk menghilangkannya.

Kelima, Jangan lupa bersihkan Per Panel.

Setelah seluruh bodi mobil bersih dari debu dan kotoran, mulailah membersihkan mobil dengan sampo mobil. Bersihkan panel per panel, mulai dari bagian atap lebih dulu. Setelah itu, beranjak ke bodi mobil, lalu ke bawah. Lakukan dua kali untuk setiap panel supaya semua sudut benar-benar bersih. 

Keenam, Harus tetap basah.

Setelah satu panel diberi sampo, segera siram dengan air bersih, lalu pindah ke panel lain. Akan lebih baik jika Anda mengajak salah satu anggota keluarga untuk membantu menyiram panel yang sudah diberi sampo mobil, sementara Anda membersihkan panel lainnya. 

Siram panel sebelumnya, ini agar mobil tetap dalam kondisi basah selama dibersihkan. Pertahankan mobil dalam kondisi basah sebelum Anda bersihkannya dengan lap microfiber atau chamois. 

Ketujuh, Bersihkan kolong mobil.

Setelah semua bodi bersih, bagian terakhir yang dibersihkan adalah roda dan kolong mobil. Gunakan spons dan kain yang berbeda dengan kain pembersih bodi mobil. 

Biarkan bagian kaki-kaki dan kolong atau roda menjadi yang terakhir dibersihkan karena merupakan bagian mobil yang paling kotor. Gunakan sikat halus untuk membersihkan sela-sela pelek dan ban mobil. 

Kedelapan, Bersihkan kaca-kaca mobil.

Untuk membersihkan kaca-kaca mobil, selain menggunakan sampo khusus kaca, Anda juga bisa menggunakan cara lama, yakni dengan menggunakan kertas koran yang dibasahi. Sapukan ke bagian dalam dan luar kaca secara bergantian, lalu bilas dengan air bersih.

Kesembilan, Wax cat mobil.

Jika mobil dalam keadaan sangat kotor, beri sampo beberapa kali sampai kotoran bersih. Perhatikan cara mengusapkan spons pada bodi mobil saat mobil dalam keadaan sangat kotor. Setelah mobil kering, lakukan waxing untuk melindungi cat mobil dari panas yang bisa memudarkan warna cat. 

Wax juga menjaga mobil dari hantaman debu atau pasir kecil pada saat melaju kencang, misalnya di jalan tol. 

Last, but not least is ... Hemat Air 

Yang tak boleh ketinggalan selama proses mencuci mobil adalah berhemat air. Jadi, jika tidak sedang digunakan, jangan lupa menutup keran air. Tak ada salahnya menggunakan hose alias selang air yang memiliki pengaturan otomatis, sehingga air akan mati sendiri saat tak dipakai. 

Nah itu tadi merupakan tips yang bisa Anda praktekan untuk mencuci mobil sendiri di rumah, cukup mudah jika Anda terbiasa melakukannya. So, info bermanfaat lainnya? Simak terus blog ini setiap minggunya akan ada update info menarik disini!


Comments