Tak Tahan Air Dingin? Ini Caranya!


Ada banyak sekali manfaat air dingin, di antaranya meningkatkan kekebalan dan sirkulasi darah, memperbaiki kondisi rambut dan kuku, mencegah kantuk, hingga meredakan stres.

Namun, ternyata masih saja ada banyak di antara kita yang tidak tahan mandi air dingin. Lalu, bagaimana cara agar terbiasa mandi air dingin tanpa merasa kedinginan?


Mungkin ada sebagian orang yang mengatur suhu keran untuk menjadi dingin. Ada yang menyarankan mulai mandi dengan air hangat dahulu, lalu perlahan mengyrangi suhunya setiap kali Anda mandi.

Kemudian, kurangi lagi suhunya saat mandi berikutnya. Cara ini memang akhirnya membuat Anda mandi air dingin, namun Anda justru akan kehilangan debarang jantung yang dialami ketika pertama menyiramkan air dingin ke tubuh.

Airnya tidak harus sedingin es, sekadar dingin saja. Jadi ada cara lain yang bisa Anda lakukan.

Siramkan pada kaki lebih dahulu. Kaki lebih cepat saat mengadaptasi suhu, jadi siramkan air dingin lebih dahulu ke bagian kaki secepat Anda bisa. Perlahan, siramkan air dari tubuh bagian bawah ke atas.

Siramp ada lengan dan tangan. Biarkan air membasahi bagian tangan dan lengan Anda, baru percikkan air ke bagian dada dan perut. Saat ini, kaki dan tubuh bagian depan Anda sudah mulai basah.

Then, lanjut ke bagian leher dan wajah. Bagian wajah mungkin tidak akan terlalu merespon air dingin dengan kuat, tetapi saat air dingin membasahi leher mungkin akan sedikit kedinginan. Hati-hari ketika menyiramkan air ke wajah dan kepala, agar Anda tidak menghirup air melalui hidung dan mulut.

Last is ... punggung! Jika Anda sadari, rasa dingin paling terasa ketika Anda menyiramkan air digin ke bagian punggung. Karena, di bagian tersebut terdapat jutaan serat saraf dari tulang belakang.

Anda akan merasaka begitu banyak sensasi ketika menyiramkan air dingin ke punggung, seperti ada sengatan arus listrik di sekujur punggung Anda. Maka basahi paling akhir, dan bilas paling ceat ketimbang bagian tubuh lain dengan menggunakan handuk Terry Palmer yang pas untuk Anda.

Mudah bukan? Selamat mencoba.

Comments